.:: RSUD Kab. Lombok Utara ::. Tentang Kami

Tentang Kami

Tentang Kami

Keinginan untuk mendirikan rumah sakit di Kabupaten Lombok Utara telah muncul sejak lama sekitar tahun 2005, saat itu wilayah Kabupaten Lombok Utara masih menjadi bagian Lombok Barat. Melalui UU No 26 / 2008 terbentuklah Kabupaten Lombok Utara dan wacana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara pun menguat terlebih lagi dengan melihat kondisi geografis Kabupaten Lombok Barat ketika itu terutama akses jalan yang cukup jauh dari Puskesmas Tanjung (kini lokasinya menjadi RSUD-KLU) menuju tempat rujukan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Barat (Rumah Sakit Patut Patuh Patju) yang berada di Gerung, sementara tempat terdekat adalah Rumah Sakit Umum Pusat Mataram. Ketika itu Kepala Dinas Kabupaten Lombok Utara dr. H. Beny Nugroho telah menyusun proposal untuk meningkatkan fungsi Puskesmas Tanjung (Puskesmas Perawatan) menjadi fungsi rumah sakit dengan pelayanan kunjungan dokter spesialis secara periodik.

Pada tahun 2009 telah dibuat site plan rumah sakit (data site plan terlampir), awalnya bernama ” Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung ”, lokasinya dekat dengan Pusat Pemerintahan Daerah Kabupaten Lombok Utara di Kota Tanjung.

Kemudian pada tahun 2010 dilakukan penyempurnaan dan disusun rencana pembangunannya, rehabilitasi fisik Puskesmas Perawatan Tanjung untuk menunjang operasionalisasi fungsi Puskesmas tersebut menjadi Fungsi Rumah Sakit serta ditunjang dengan pengadaan dokter spesialis dan beberapa peralatan medis esensial. Sejak tanggal 1 September 2010  Puskesmas Perawatan Tanjung disiapkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung untuk sementara dilakukan pemisahan antara Staf, Ruangan dan Pelayanan Puskesmas Tanjung dengan Staf, Ruangan dan Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung. Selama tahun 2010 ini seluruh kegiatan Rumah Sakit Persiapan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara. Pada tanggal 1 September 2010 Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Lombok Utara dibentuk sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan ditunjuk sebagai Kepala UPT RSUD- Tanjung saat itu adalah drg. H. Asrul Sani sebagai Penanggung Jawab. Kemudian pada bulan Oktober 2010 ada kegiatan kunjungan kerja Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Medik Kesehatan Dasar Departemen Kesehatan Republik Indonesia beserta Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ke UPT RSUD- Tanjung Kabupaten Lombok Utara Propinsi Nusa Tenggara Barat untuk memantau sejauh mana proses persiapan Puskesmas Perawatan Tanjung menjadi Rumah Sakit dan hingga kini persiapan proses perijinan dan pemenuhan fasilitas penunjang terus ditingkatkan.

Pada Tahun 2011 Pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara yang baru, mulai di bangun secara bertahap dan pembangunannya  tepat di belakang gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara yang lama.

Pada tahun 2012 Sarana Medis dan Penunjang Medis mulai ditingkatkan dengan beberapa penambahan. Penambahan sarana medis seperti tenaga dokter (spesialis bedah, spesialis kandungan/Obstetri-Gynecology, spesialis Penyakit Dalam dan spesialis Anak., sedangkan untuk Penunjang Medis seperti pengadaan poliklinik mata, bedah dan poliklinik kandungan.

Berdasarkan SK Bupati N0.800/106/PEG/2012, Kepala UPT-RSUD Tanjung dr. H. Asrul Sani (karena melaksanakan tugas belajar) resmi di gantikan oleh Dinas Kesehatan dengan menunjuk dr. H. Lalu Bahrudin sebagai penanggung jawab di UPT- RSUD Tanjung (sekarang menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara).

Gedung Baru Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung yang kini berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara (RSUD-KLU) mulai di tempati pada bulan oktober 2013, sebelumnya pernah diguncang gempa yang menelan beberapa korban termasuk rumah-rumah penduduk rata dengan tanah (termasuk juga bangunan Gedung Baru Rumah Sakit) sehingga pemanfaatan gedung tersebut tertunda karena masih proses perbaikan beberapa lokasi/ tembok yang retak. Sedangkan bangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara yang lama untuk sementara di alih fungsikan sebagai penambahan ruang perawatan Rawat Inap, termasuk pula ruangan laboratorium, radiologi dan ruangan khusus operasi mata masih dilaksanakan di gedung ini.

Dengan di tempatinya Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara yang baru pihak rumah sakit menjadikan momen ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dalam melaksanakan misi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Pada tahun 2014, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara sudah mulai melakukan operasi untuk pasien kebidanan yakni tindakan SC (Sectio Caesaria), serta beberapa kegiatan bakti sosial seperti kegiatan Donor Darah, pemeriksaan mata, pendistribusian kaca mata dan operasi katarak gratis dalam rangka World Sight Day dan Mukernas XX IDI, 9 Oktober 2014 kerjasama Pemerintah Provinsi NTB, Pemda KLU, IDI, Perdami, JFF & YKI.

Profil Lengkap Klik disini

Copyright © 2019. RSUD Kab. Lombok Utara | Online: 1 | Hits: 38 / 32373