.:: RSUD Kab. Lombok Utara ::. Sosialisasi ‘Gerimis Cinta’
Gerimis Cinta
Sosialisasi ‘Gerimis Cinta’
Poto Kegiatan

LOMBOK UTARA – Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lombok Utara (RSUD KLU) memberikan edukasi tentang Gerakan Hari Kamis Cuci Tangan (Gerimis Cinta) kepada pengunjung, Kamis (14/11/2019). Gerimis Cinta merupakan program RSUD KLU untuk memberi wawasan mengenai hidup bersih yang diawali dengan cuci tangan yang baik dan benar.

Demikian diungkap Ni Luh Suhartini, penanggung jawab Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) kepada Humas di Rumah Sakit Sementara, Jum'at (15/11/2019 ). Gerimis Cinta merupakan salah satu program unggulan Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUD KLU (KPPIRS).

Dijelaskan Ni Luh Suhartini, program tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Kamis. Pesertanya, seluruh staf baik umum, penunjang maupun pelayanan serta keluarga pasien atau pengunjung rumah sakit.

“Program cuci tangan ini juga merupakan program yang menjadi perhatian dari banyak pihak. Bahkan cuci tangan menjadi program khusus pada setiap tanggal 15 Oktober yakni gerakan cuci tangan seluruh Dunia. Kami selaku tim PPI RSUD KLU menerapkan cara cuci tangan yang baik dan benar di setiap ruangan, baik itu dari ruangan Rawat Inap, IGD, dan Poli Rawat jalan,” kata Ni Luh Suhartini di Rumah Sakit Sementara.

Lebih lanjut Suhartini, menjelaskan ada berbagai penyakit yang disebabkan karena tidak mencuci tangan dengan benar. Di antaranya, ketika berada di lingkungan Faskes yang notabene adalah tempat/sumber produksi kuman paling banyak. Karena itu pentingnya melakukan five moment cuci tangan.

PPI sebagai role model terdepan dalam melaksanakan program pencegahan dan pengendalian infeksi virus menular kepada keluarga pasien. Ke depan cuci tangan diharapkan menjadi budaya di lingkungan rumah sakit.

Salah satu pengunjung, Rahman merasa senang melihat perkembangan RSUD KLU. Banyak inovasi baru yang diterapkan sehingga bisa memaksimalkan pelayanan,  termasuk program Gerimis Cinta ini. “Sederhana, tapi manfaatnya sangat besar untuk kehidupan sehari – hari kita. Saya tiga hari menginap di rumah sakit ini dapat merasakan pelayanan yang bagus dan ramah terhadap pasien dan keluarga pasien,” kata Rahman yang dirawat di Ruang Irna Dua.

Penulis : Ibrahim


Copyright © 2020. RSUD Kab. Lombok Utara | Online: 1 | Hits: 39 / 46232