.:: RSUD Kab. Lombok Utara ::. Layanan Cuci Darah jadi Unggulan RSUD Lombok Utara
Layanan Cuci Darah jadi Unggulan RSUD Lombok Utara

RSUD Kab. Lombok Utara, mulai isi Blog disini..

Layanan Cuci Darah jadi Unggulan RSUD Lombok Utara

Kabag TU RSUD Lombok Utara Zulfahrudin memotong tumpeng saat acara peringatan pembukaan layanan HD

kicknews.today – Fasilitas layanan Hemodialisa (HD) menjadi salah satu unggulan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lombok Utara. Fasilitas yang masih seumur jagung itu mendapat respon positif, dari masyarakat khususnya pasien cuci darah. Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Zulfahrudin, Kamis (21/2), saat peringatan hari jadi layanan Hemodialisa RSUD Lombok Utara.

“Ini merupakan program unggulan rumah sakit. Kita melihat kebutuhan, jadi tidak berpikir untung-rugi. Terlebih bagaimana kita harus memunculkan Percepatan Inovasi dan Nilai Tambah (PINT) sebagaimana amanah Pak Bupati,” ungkapnya.

Dikatakan, setelah muncul layanan HD di RSUD Lombok Utara, masyarakat langsung mendapat efeknya. Dimana sebelumnya mereka harus dirujuk ke RSUD Provinsi, bahkan terkadang ke RSUD Sanglah di Bali, namun saat ini sudah dapat dilayani di RSUD setempat.

Mengingat saat ini pelayanan masih memanfaatkan bangunan eks laboratorium, maka ke depan pihaknya berharap akan terbangun ruangan khusus HD yang lebih referesentatif.

“Saat ini kita pakai bangunan bekas laboratorium. InsyAllah tahun depan kita bangun gedung yang representatif. Inilah susa dukanya merintis,” ucapnya.

Selain layanan HD, ke depan RSUD Lombok Utara juga akan menerapkan sistem pendaftaran terintegrasi online (Pentol), pembuatan akta kelahiran, area khusus anak-anak, serta Unit Transfusi Darah (UTDR) dan lain-lain.

“Karena gempa kemarin, makanya kita saat ini masih perbaiki jaringan (Pentol). Untuk tahun ini kita mendapat suntikan DAK dari Pusat Rp 85 miliar. Rencananya itu yang akan dipakai untuk membangun,” bebernya.

Sementara itu, penanggungjawab ruang layanan HD dr. Kadek Dwi Pramana, M.Biomed Sp.PD. mengaku, berjalannya layanan tersebut hingga menjadi program unggulan tidak lepas dari niatan awal, yakni memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Lombok Utara. Dimana pihak rumah sakit nyaris tidak memikirkan profit, melainkan kesembuhan bagi si pasien.

“Masih banyak yang bisa kita kembangkan di sini. Karena kami melihat yang penting kita melakukan tindakan untuk keselamatan pasien dulu. Karena kita pelayanan, dan pasien adalah raja,” ucapnya.

Untuk diketahui, selama satu tahun sejak dibuka pada 2018 lalu, jumlah tindakan layanan cuci darah mencapai 1.754 tindakan, yang dilakukan dua kali dalam seminggu terhadap 25 orang pasien

 

 


Copyright © 2019. RSUD Kab. Lombok Utara | Online: 1 | Hits: 30 / 24859